Senin, 26 Agustus 2013

Love Consultation. Pro (Part2 - End)


Love Consultation. Pro Part 1

"Dia orang nya simple, ceria, supel dan polos. Itu yang bikin gua suka sama dia sejak pertama gua liat dia.”
            Gua cemberut. Ternyata dia wanita yang sempurna dibandingin gua yang berantakan, lebih terlihat bego daripada polos, dan lingkaran hitam dibawah mata gua ini membuat gua terkesan serem daripada lucu.
            “Menurut loe cewe yang kayak gitu suka sama cowo yang kayak gimana?” Alan bertanya yang membangunkan gua dari lamunan.
            “Dia kayaknya cewe normal pada umumnya. Biasanya cewe polos kayak gitu suka nya sama cowo yang perhatian dan penyayang, yang bisa ngelindungin dia.” Kata gua asal nebak.
             “Terus menurut loe gua cowo kayak gitu gak?”
            Gua berfikir sejenak.
            “Diliat dari penampilan luar loe sih gua gak yakin, tapi diliat dari keseriusan loe kayaknya bisa jadi” Bego, kenapa gua gak bilang aja kalau dia itu gak pantes buat cewe malaikat kayak gitu, biar dia nyerah
sekalian.

***

            Tiap hari gua jadi selalu ketemuan sama Alan di kantin kampus pas istirahat makan siang. Gua semakin lama jadi semakin mengenal Alan. Dia ternyata adalah seorang cowo yang baik dan perhatian, gak secuek penampilan nya. selama ini gua nyambung-nyambung aja kalau ngobrol sama dia, tapi setiap kali kita ngomongin tentang cewe yang dia taksir, aneh nya hati gua masih kerasa perih, bahkan semakin gua kenal lebih dalam lagi bagaimana Alan, semakin perih rasa nya hati gua.
            “Ai? Ai loe kenapa?”
            “Perih….hati gua perih banget…”Gua merintih kesakitan.
            “Apa? Gua gak denger…”
            “Maag gua kambuh… perut gua perih…”Gua masih merintih dengan muka terdekap di atas meja kelas. Tadi pagi gua emang belum sempet makan apa-apa karena ketiduran abis shalat subuh dan bangun kesiangan. Sekarang gua bahkan gak bisa beranjak dari meja gua sejak dari beberapa menit yang lalu setelah mata kuliah pertama selesai.
            “Loe belum sarapan?” Tanya Alan lembut.
            “Udah. Gua makan nasi se-baskom!!! Ya belum lah… nyebelin banget siihh” Gua mulai ngomel-ngomel, gak peduli kalau yang gua omelin itu Alan.
            Gua sempet mendengar Alan ketawa sebelum akhirnya dia bilang mau beliin gua obat maag. “Ntar, gua beliin obat maag dulu.”
            “Alan…” Teriak gua sebelum dia jauh. Gua berusaha menegakan kepala gua dengan sisa tenaga agar bisa melihat kearahnya.
            “Beliin nasi juga dong.”
            Dengan tertawa Alanpun berlalu.

            Dengan gua yang sedang lahap memakan nasi bungkus pemberian Alan, Alan mulai cerita tentang hubungan nya yang semakin deket dengan cewe yang dia taksir. Mereka sering ketemu hampir tiap hari dan sering ngobrol berdua dengan nya.
            “Nah ini waktu yang tepat. Kenapa gak langsung tembak aja?” Kata gua.
Alan, kenapa gak langsung tembak aja cewe yang loe taksir itu biar gua dapet kamera gua dan gua gak perlu lagi berurusan sama loe. Gua akan nangis dibawah keran kamar mandi di kostan gua (Karena gak ada shower) di tengah malam sendirian sambil meratapi nasib percintaan gua yang gak semulus gua memberi saran kepada orang lain tentang masalah percintaan mereka. dan setelah semuanya selesai, gua akan berhenti dari profesi ini dan menjadi mahasiswi normal seperti yang lain nya.
            “Tapi… gua gak yakin bakal diterima… gua mungkin udah bikin dia salah paham” kata Alan
            “Salah paham? Loe udah ngomong apa ke dia?” Tanya gua penasaran.
            Alan tersenyum. “Gak bisa gua jelasin sekarang” Katanya.

            Sikap professional dalam menjalankan tugas (Baca : Ke-bego-an gua) telah membawa gua semakin dalam ke lubang hitam percintaan sebelah pihak. Malang nya gua sang konsultan cinta malah ngak tau harus konsultasi ke siapa tentang masalah percintaan gua ini. Akhirnya ditengah malam yang dingin karena emang lagi hujan gua keluar kamar, ngambil air wudhu di kamar mandi dan kembali ke kamar gua buat shalat tahajud. Semoga dengan begini hati gua menjadi lebih tenang.
            “Ya Allah sang pemilik cinta…. Hati ini mulai kelu dengan perasaan yang kau tanamkan terlalu dalam sehingga terasa sangat menyesakan… aku hanya ingin hati, pikiran dan jiwa ini terjaga dari cinta semu yang engkau laknati… sampai tiba saat nya seseorang yang sudah kau janjikan padaku. Ya Allah… jagalah hati  ini agar senantiasa mengingatmu ya Allah…Engkaulah zat yang palingku cintai…” Do’a selepas shalat.
            Hati gua mulai tenang kembali. Jiwa gua mulai terasa damai. Bayang-banyang Alan yang sejak beberapa hari ini terus berputar-putar di otak gua sudah mulai memudar seiring dengan tertutupnya mata dan terbaringnya tubuh di atas sejadah yang berselimutkan Mukena.

            Sabtu ini gua janjian sama Alan di sebuah mall besar daerah Jakarta buat nemenin dia beli kado untuk cewe yang dia suka itu. Gua dengan kecuekan gua dan perasaan bahwa sebentar lagi ini akan berakhir akhirnya mau menemani dia untuk milihin kado. Sampailah kita berdua di sebuah toko baju di lantai 3 mall tersebut.
            “Ai, baju yang ini gimana?” Alan menunjukan kaos lengan panjang putih bergambar mickey mouse.
            “Bagus. Tapi apa loe gak berniat ngasih dia dress atau apapun lah yang rada cewe… emang dia tomboy yah?”
            “Dia orang nya gak mau ribet. Gua juga pengen sih ngasih dia dress-dress yang anggun, berwarna cerah, ada bunga-bunga nya, tapi kayaknya dia bukan tipe cewe yang suka sama yang kayak gituan. Gua takut kalau nanti gua beliin dia gak suka..”
            “Mmmm… kalau itu cewe suka nya model yang rada boysi gua bisa bantuin loe.” Gua dengan sigap mengambil kaos biru polos lengan panjang yang ada di dekat gua.
            “Yang ini keren. Simple.” Kata gua.
            “Boleh juga.”

            Setelah membayar baju itu ke kasir kitapun melanjutkan pencarian ke toko yang menjual barang-barang penghias rumah.
            “Kalau gua beliin jam dia mau gak yah?” Tanya Alan yang lagi mondar-madir di bagian jam.
            “Boleh. “ Jawab gua yang lagi asyik liat-liat di bagian ‘Sport’ gak jauh dari tempat Alan berdiri.
            “Loe lagi liatin apa?” Alan tiba-tiba nyamperin gua yang lagi megangin sepatu roda item dengan dua roda dikiri-kanan nya.
            “Kayaknya keren kalau gua bisa naik ini ke kampus.” Kata gua.
            Alan ketawa. Gua bengong ngeliatin dia ketawa.
            “Loe mau? Gua beliin buat loe.” Kata Alan.
            “Loe anak orang kaya?” Tanya gua yang saat itu cuma mikir hanya anak orang kaya yang dengan gampang beliin baran-barang ratusan ribu buat orang lain.
            “Gua emang anak orang kaya, tapi gua udah punya penghasilan sendiri. Toko baju yang tadi kita datengin itu punya gua. Gua yang kelola sampai bisa kaya gitu, emang modalnya masih dari bokap tapi kalau udah semakin gede gua bisa balikin modal ke bokap gua dan buka cabang di tempat lain.”
            Gua bengong tanda kagum.
            “Pantes pas kita bayar kasirnya sopan banget. Boss nya yang beli…. Yaudah nih gua mau donk sepatu rodanya… beliin yah…” kata gua dengan sedikit manja.
            Alan ketawa lagi. Jantung gua dak dik duk lagi. Gua buru-buru istigfar.

            Setelah selesai belanja gua di anterin pulang sama Alan pake mobilnya dia. Gua gak tau dia punya mobil sendiri karena emang tadi kita langsung janjian ketemu di mall dan mungkin karena kostan dia deket sama kampus, dia gak pernah bawa mobil pas mau ke kampus. Gua mulai nge-bego-bego-in diri gua sendiri, kalau aja gua cewe yang dia suka, pasti masa depan gua akan lebih indah dan sejahtera. Nyesel juga udah nyia-nyiain waktu buat bantuin dia deket sama cewe lain.
            “Ai, loe bisa dateng kan nanti malam ke restoran yang gua bilang tadi… gua mau kenalin dia ke loe…” Kata Alan yang berbicara dari dalam mobil.
            “Gua gak enak lah… loe mau nembak masa bawa cewe lain” Jawab gua yang masih berdiri dipinggir jalan, baru turun dari mobilnya.
            “Loe pokonya harus dateng… kalau ngak ntar loe nyesel… oia gua juga nanti bawa kamera nya deh, jadi loe harus dateng yah…” Alan memohon.
            “Mmm… liat nanti deh.”

            Setengah empat sore. Gua menghempaskan tubuh ke kasur dengan sisa tenaga yang ada. Hati gua sebenernya sakit ngeliat dia mau nembak cewe lain. Gua ngerasa gak rela kalau setelah ini gua udah gak ada iketan apa-apa lagi sama dia. Setelah malam ini, gua akan kembali ke kehidupan normal gua lagi, tanpa ada dia yang selalu bikin gua ketawa pas makan siang di kantin…tanpa ada dia yang selalu nemenin gua sms-an sebelum tidur… tanpa ada dia dihari-hari gua lagi.
            Jam menunjukan pukul 8 malam. Gua masih bergemelut dengan tugas kuliah yang belum juga selesai gua kerjakan. Layar di Hp menunjukan udah ada 12x kali panggilan tak terjawab dari Alan dan 6 SMS darinya. Gua gak berniat sama sekali untuk datang ke acara nembak dia malem ini. Halo… perasaan gua dipertaruhkan. Gua gak mau cowo yang udah gua taksir lama, nembak cewe lain didepan mata gua… gua gak sanggup ngeliat nya.
Tapi rasa penasaran gua tiba-tiba muncul kembali. Gua jadi pengen tau kayak apa cewe yang ditaksir berat sama si Alan. Selama ini Alan emang gak pernah mau ceritain kayak gimana cewe nya, jawaban nya selalu ‘nanti gua tunjukin langsung orang nya’. Dan saat gua minta dia untuk se-enggak nya nunjukin fotonya, dia tetep aja gak mau dengan beribu-ribu alasan. Pertanyaan gua kayak dia anak jurusan apa, dan semester berapapun dia gak mau jawab, apalagi pas gua nanya namanya… nyebelin sih emang tuh si Alan, gua jadi penasaran kayak gini gara-gara dia.
Akhirnya rasa penasaran gua udah gak kebendung lagi, gua dengan pakaian seadanya langsung ngibrit ke restoran yang udah di janjiin sama Alan, berdoa semoga mereka berdua masih ada disana.
            Turun dari angkot gua langsung masuk ke sebuah mall yang gak kalah besar dari mall tempat gua dan Alan datangin siang tadi. dari pintu masuk gua cuma perlu jalan sebentar dan sudah menemukan restoran tempat dimana Alan akan menyatakan cinta nya pada cewe yang mati-matian dia taksir sampai membutuhkan jasa konsultan cinta kayak gua.
            Gua cuma mau liat mereka dari jauh aja… gua cuma mau tau kayak apa cewe itu dan abis itu gua akan pergi dari sini.
`           Gua masuk ke Restoran dan berdiri di deket pintu masuk. Restoran nya emang rada sepi jadi gua dengan gampang bisa menemukan sosok Alan yang lagi duduk membelakangi pintu masuk, artinya gua cuma bisa liat punggung nya dari tempat gua berdiri. Pas gua menggeser tubuh gua kesamping untuk melihat seseorang yang seharusnya duduk dihadapan nya, ternyata betapa kaget nya gua pas menyadari kalau Alan sedang duduk sendirian di meja itu. Bangku dihadapan nya kosong mengenaskan. Gua tanpa ba-bi-bu langsung nyamperin dia sambil memikirkan beberapa kemungkinan yang menyebabkan dia sendirian ditempat nya itu.
            “Alan, loe ditolak?”
            Alan sedikit tersentak pas dengar suara gua. Dia sempet sedikit bengong dan akhirnya tersenyum melihat kehadiran gua.
            “Cewe itu gak dateng.” Kata dia dengan nada yang sedih. “Gua udah coba telepon dan SMS tapi dia sama sekali gak ngerespon”
            “Mungkin dia lagi ada urusan penting Lan, loe sabar yah… coba loe bikin janji lagi aja ke dia, besok atau lusa gitu… jangan nyerah…” Gua coba menenangkan. Gelas kopi yang numpuk di atas meja menunjukan kalau Alan udah lama banget nunggu disini. Gua sempet seneng karena Alan batal nembak cewe itu malam ini, tapi gua langsung merasa bersalah saat ngeliat wajah Alan yang sedih banget. Sorry Lan, gua bahagia diatas penderitaan loe.
            “Lan, yaudah sekarang kita pulang aja… udah malem…gak usah nunggu dia lagi” Kata gua.
            “Gua pikir cewe itu gak akan dateng… gua pikir dia gak mau ketemu gua lagi… gua pikir dia udah bener-bener salah paham sama gua…” Alan masih merengek.
            “Iya gua tau… mungkin di aemang bener-bener gak bisa dateng…” Gua nepuk-nepuk pundak Alan.
            Alan menggenggam tangan gua dari pundaknya, dia menggenggam tangan gua kenceng banget…. Tangan gua dan tangan dia berdekapan di atas meja, diantara tubuh kita berdua.
            “Makasih loe udah dateng… Gua pikir loe gak akan dateng. Maaf… ini emang kebodohan gua yang gak berani ngomong langsung ke loe… gak ada cara lain yang bisa gua pikirin buat bisa deket sama loe selain cara ini… maaf..” Tatapan Alan sangat tulus ke mata gua.
            Gua cengo. Gua bengong. Gua mangap. Gak ngerti maksud dia apa.
            “Ai, cewe yang gua suka, cewe yang selama ini gua ceritain ke loe, yang polos, lucu dan ceria, selalu bikin gua nyaman sama dia, ada dihadapan gua sekarang… gua kenalin secara resmi cewe yang selama ini gua taksir… Ailinda Putri” Alan masih menggenggam tangan gua.
            Gua masih bengong. Dahinya mengkerut ngeliat gua yang diem aja.
            “Ai? Ngomong dong…. Apa kek…?”
            Gua tarik tangan gua dari genggaman dia. Gua cemberut.
            “Cewe itu gua……. Serius……loe gak bercandakan….”
            “Iya Ai, cewe yang gua minta buat loe bantuin gua deket sama dia itu loe sendiri…. Gua udah lama merhatiin loe, dari pertama gua ngeliat loe yang ceria….gua udah jatuh cinta sama loe…”
            “Jadi itu sebab nya loe gak pernah mau ngasih tau gua yag mana cewe yang loe suka? Karena sebenar nya cewe itu gua sendiri.........gua selama ini cemburu sama diri gua sendiri!”
            “Apa?” Alan gak nangkep. “Loe cemburu sama diri loe sendiri?”
            Gua diem.
            Alan ngambil bungkusan gede yang ada di samping nya dan menyodorkan nya ke gua.
            “Itu kamera, sama kaos yang kita beli di toko gua tadi siang…. Dari awal itu emang udah buat loe” Kata Alan.
            Gua diem. Alan diem.
            “Pantes loe selalu setuju dengan semua barang yang gua saranin ke loe walaupun semua saran gua sangat gak wajar kalau untuk di kasih ke cewe.”
            “Jadi… Ai, loe mau gak jadi pacar gua?”
            Gua mesem. Perut gua berasa geli dan tawapun meledak.
            “Hahahahaha…. Hahahahaha……”
            Alan bengong.
            “Sorry Lan, jujur gua juga suka sama loe, tapi gua udah janji sama diri gua sendiri kalau gua gak mau pacaran… gua gak mau terlibat dalam hubungan yang gak tentu kayak gitu” Kata gua mantap.
            “Ai, loe pikir gua bercanda? Gua bisa ngelamar loe malam ini juga buat jadi istri gua kalau loe mau… gua udah punya penghasilan sendiri dan hidup gua terjamin… loe tinggal sebut mau mahar berapa” Tatapan mata Alan memancarkan kesan keseriusan atas apa yang baru saja dia ucapkan.
           
Gua bersyukur dalam hati karena Allah udah menumbuhkan rasa cinta di hati gua saat ini. Tapi gua emang belum ada niat untuk nikah muda, akhirnya gua tetep nolak Alan dan kita memutuskan untuk berteman dulu. Kamera yang Alan janjiin ke gua awalnya gak jadi dia kasih karena perjanjian nya adalah kalau dia jadian sama cewe yang dia suka baru kamera itu jadi milik gua…. Tapi dengan bakat merayu gua yang udah gak kalah professional nya sama profesi konsultan cinta gua, akhirnya dia mau minjemin kamera itu ke gua.
            Gua melanjutkan tugas gua sebagai konsultan cinta…. Siapapun yang membutuhkan saran dan nasihat silahkan datang ke Ai, sang konsultan cinta professional.

TAMAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar