Sabtu, 29 Maret 2014

Teman Makan Cinta (Part1)



TEMAN MAKAN
CINTA
Oleh : Nitha Reva











01
 





            Nama gue Ocha, dan ini adalah tentang kehidupan muda gue yang begitu sempurna, menyenangkan, indah dan manis. Mungin agak sedikit berlebihan, tapi cukup lah untuk menggambarkan tentang suasana hati gue yang selalu tertawa tak pernah menitihkan air mata.
            Coba loe bayangin! Gue berteman… sorry, bersahabat dengan jajaka kampus yang digandrungi banyak cewek-cewek seksi abad 21. Mas bro, gimana gak bahagia gue tiap hari deket-deket sama makhluk tuhan paling sempurna di muka Bandung ini….
            Jadi ceritanya gue itu sempet satu sekolah sama cowok keren yang punya nama lengkap Ramadhan Idwarsyah itu. Gile… islami banget gak, sih, namanya.
Oke. Waktu SMA dulu, gue juga satu kelas sama anak ini. Dia adalah cowok paling cool yang pernah gue temui waktu itu. Saking cool-nya, kalau deket dia, gue sampai mengigil gemeteran. Bukan, bukan karena dia mengeluarkan asap-asap berhawa dingin kayak di dalam kulkas, tapi karena dia cueknya udah bisa bikin istigfar sampai ratusan kali. Gue denger dalam sehari aja, temen sebangkunya cuma ngomong gak lebih dari 5 kata sama dia. Setelah ditelusuri, belakangan temen sebangkunya emang lagi sakit gigi sehingga tidak bisa ngomong terlalu banyak.
            Kenapa gue bisa deket sama Rama? Bagus! Itu pertanyaan sangat bagus…! Akan gue kasih tau rahasia cara menaklukan hati pria cuek, dingin, kayak si Rama ini. Panasin, Mbak… panasin biar meleleh…!
            Caranya? Yah loe tinggal iket, bawa dia ke loyang gede, terus loe ceburin dia ke dalam, aduk-aduk sampai air mendidih. Lebih enak kalau dikasih bawang.
            Serius? Oke, oke. Akan gue kasih tau awal kenapa gue jadi dekat sama dia. Jadi suatu hari, gak tau setan mana yang membisikan guru pelajaran Seni Budaya waktu itu, akhirnya saat selesai membahas materi tentang Seni Kriya, setiap murid diberi tugas untuk membuat kerajinan yang membutuhkan keahlian tangan khusus tersebut dengan meng-implementasi-kan teori-teori yang tadi sudah diajarkan olehnya. Sayangnya di kelas gue cuma ada 30 murid. Akhirnya satu kelompok cuma berdua. Dan akhirnya lagi, karena absen gue setelah absen si Rama, gue lah yang satu kelompok sama dia.
(-_-“)(-_-“)(-_-“)

            Satu minggu waktu yang diberikan untuk menyelesaikan kerajinan tersebut. Ini udah H-3. Gue belum dapet kabar apa-apa dari manusia kulkas itu. Mungkin dia lupa kalau ada tugas kelompok untuk pelajaran Seni Budaya, atau mungkin dia nungguin gue yang nanya duluan. Hahaha… Ge-er dikit gak papa lah, tapi yang jelas itu udah bikin gue rada prustrasi ngebayangin diomelin guru Seni Budaya yang terkenal killer kalau udah gak ngerjain tugasnya. Akhirnya gue memberanikan diri untuk bertanya padanya.
            Suatu hari di saat istirahat siang dan dia sedang duduk sendiri di mejanya, gue memberanikan diri dengan segala perlengkapan kayak jaket tebal, sarung tangan dan syal untuk jaga-jaga kalau tiba-tiba gue jadi mati beku kedinginan.
Dia lagi sibuk sama HP-nya. Gue mendekatinya perlahan.
            “Rama…?” gue berbisik.
            Gak ada respon.
            “Rama…?” gue bicara lebih keras.
            Masih gak ada respon.
            “RAMA?” kali ini gue berteriak sampai diliatin sama anak-anak sekelas.
            Rama masih budek.
            Gue mulai berfikir, mungkin yang menyebabkan dia menjadi dingin seperti ini adalah karena dia gak bisa merespon setiap pembicaraan dari orang lain. Gue udah siap dengan syal yang mengikat leher. Gue cuma tinggal minta tolong orang buat menarik kain wool itu, sehingga gue dapat mengakhiri kehidupan yang kejam ini.           
Tapi tiba-tiba, temen sebangkunya yang lagi nongkrong gak jauh dari gue, menunjuk-nujuk ke telinganya sendiri, beberapa kali. Gue cuma cengok karena gak ngerti yang dia maksud, sebelum akhirnya gue melirik Headset yang menjuntai di kedua telinga Rama.
            Dengan emosi, gue tarik kedua kabel yang tersambung pada HP yang sedang di genggamnya. Rama bergeming.
            “Gue panggil-panggil…!” Gue protes.
            “Kenapa?” Rama nanya santai.
            “Tugas Seni Budaya, gimana?”
            “Yang mana?”
            Lah! Buset ini anak… gue aja gak bisa tidur mikirin tugas itu, dia dengan santainya nanya ‘tugas yang mana?’ oke! Ini saatnya kau datang Malaikat.
            “Seni Kriya… tiga hari lagi nih…”
            “Oh.”
            Oh? Cuma oh? Ya Allah, ambil aku…! Kalau saat itu ada pesulap kayak dedy cobuzier, gue udah nyuruh dia buat ngilangin cowok tak berguna bagi Nusa dan Bangsa ini.
            “Pulang sekolah. Di rumah gue.” Rama melanjutkan.
            Gue yang udah sangat prustrasi hampir mengakhiri hidup, akhirnya mulai merasakan jantung gue kembali berdetak dengan normal. Bukan karena bakalan ngerjain tugas di rumah cowok keren ini, tapi karena bayangan gue tentang mahat-mahat kayu atau nyulam-nyulam bambu sendirian tidak akan pernah terjadi.
            “Hhhh…” gue menghela nafas, lega.
(-_-“)(-_-“)(-_-“)

            Saat akhirnya gue mulai merasa ini akan berjalan lancar, di saat itulah jantung gue kembali harus berdetak lebih cepat dari biasanya. Sesuai perjanjian, gue balik sekolah langsung cabut kerumah Rama, yang ternyata baru gue tau, dia adalah anak orang kaya yang mungkin adalah yang terkaya di antara konglomerat-konglomerat mana pun yang gue tau. Rumahnya gede banget, sob… gue aja ampe ngiler ngeliat arsitektur rumah yang bertipe classic-minimalis… atau apa lah itu perpaduan yang dibikin, gue juga gak ngerti.
            Gue dengan rada canggung masuk melewati pagar rumah yang gedenya udah kayak tembok Berlin pemisah Jerman Barat dan Jerman Timur.
            Loe tau drama korea Boys Before Flowers yang dulu sempet ngetop di Indonesia? Gue udah berasa kayak Geum Jandi yang datang ke rumah Goo Junpyo si anak orang kaya pemilik perusahaan terbesar di Korea. Kebayang rumahnya udah kayak Istana Inggris. Bedanya rumah Rama lebih tepat dibandingkan sebagai benteng jaman Belanda dulu, besar dan kokoh. Wow…! Kalau tau dia anak orang kaya, udah gue pacarin dari jaman bapaknya muda.
            “Masuk.” Rama berjalan di depan gue.
Gue, dengan menunduk gaya pembantu ngikutin dia dari belakang. Bukan apa-apa, nanti gue nyasar salah masuk ruangan. Kesan pertama saat dateng ke rumah orang yang anaknya keren dan kaya itu sangat penting bagi kelangsungan hidup gue kedepannya (Kali aja di adopsi jadi mantu).  Setelah melewati beberapa ruangan megah, besar, dan bersih, akhirnya kita berdua sampai juga di…
            “Ngapain kita ke kolam renang?” gue mangap di samping pintu geser kaca yang terbuka sekitar 2 meter.
            “Kita ngerjain tugasnya di sini aja.” Jawab Rama dengan nada suara yang gak pernah gue denger seumur hidup gue, dia bicara begitu santai, kalem, ramah, dan bersahabat. Beda banget sama Rama di luar sana yang dingin, kaku kayak balok es. Sebuah perubahan yang sangat mengejutkan, bukan? Mungkin ini lah perilaku di mana dia merasa nyaman di rumahnya sendiri sehingga suasana hatinya pun menjadi berubah seperti ini. Asli! Rama yang seperti ini membuat irama detak jantung gue semakin cepat dan cepat. Gue rasa ini yang namanya perasaan kagum setelah melihat kehangatan pria….
            “Duduk!”
            Dengan masih menatapnya dalam, gue nurut dan langsung duduk di sebelahnya udah kayak anjing yang disuruh duduk sama tuannya.
            “Nama loe siapa?”
            Lah! Mending mati aja gue… udah hampir satu tahun kita sekelas, nama gue aja loe kagak tau.
            “Balik aja gue.” Gue ngambek.
            “Kenapa?”
            “Mau ngurus surat.”
            “Kok?”
            “Buat pindah sekolah.”
            Rama tertawa. Asli, itu adalah tawa termanis yang pernah gue liat yang lagi-lagi dari seumur-umur gue hidup. Kalau suruh dibandingin, tawa dia itu udah kayak es tebu yang ditambah gula aren, diaduk caramel, terus ditaburin seres. Manisnya berlipat-lipat dan begitu berwarna (walapun gue gak jamin rasanya kayak gimana).
            “Ocha.” Akhirnya gue jawab dengan nada yang diketus-ketusin.
            Rama ketawa lagi. Hati gue bergidik. Jangan ketawa mulu dong… bisa-bisa jantungan gue, gara-gara loe!
Singkat cerita, gue dan dia mulai membicarakan tentang proyek Seni Kriya kami. Setiap hari, setelah pulang sekolah gue langsung dibonceng naik motor Rama untuk pergi ke rumahnya. Sempet diliatin anak-anak, sih… betapa hebatnya gue bisa nangkring di singgasana yang sangat ingin diduduki oleh kebanyakan cewek di sekolah gue.
Semakin hari, gue semakin deket sama Rama. Dia selalu ngetawain apapun yang gue lakukan yang sebenarnya bikin gue risih. Dan yang dia ketawain benar-benar gak lucu sama sekali. Coba loe bayangin aja kalau tiba-tiba loe lagi makuin kayu, tapi bukan pake palu, pake batu. Dia ngetawain gue dan itu sampai guling-guling di lantai. Bukan salah gue… siapa suruh di rumah segede itu kagak ada palu yang nyelip sebangsa satu mungkin. Atau pas lagi nge-lem kain panel dan gak sengaja rambut gue ikut nempel di kain itu, dia ngetawain gue sampai kehabisan nafas. Dan lagi-lagi itu bukan salah gue, lagian siapa suruh rambut gue panjang. Oh! sorry, gue lupa gue cewek. Dan terakhir, yang paling bikin gue neg, gondok, bisul, sampai TBC adalah pas gue lagi sibuk me-representasi-kan ilmu cat-ologi gue ke sebuah mahakarya termasyur abad 21. Lalu, saat gue lagi nge-cat terasa tenggorokan mulai kering, dan dengan imut gue minta tolong ke dia buat ambilin jus yang udah dia siapin sebelumnya. Begonya, bukan jus yang dia ambil, tapi malah gelas yang berisi air buat tempat gue ngebersihin kuas kalau mau ganti warna. Warnanya sama-sama kuning… tapi yang ini udah sempet bikin gue masuk rumah sakit dan diopnam. Parahnya, dia masih bisa ketawa dengan lepas.
            Abis gue cuci darah, ganti ginjal dan gosok gigi sebelum tidur, akhirnya gue dapet pelajaran berharga dari kejadian ini. Jangan pernah deket-deket sama cowok keren, kaya, dan cool. Ternyata mereka Freak. Sekian dan terima kasih.
            Hari berikutnya Rama seperti biasa di kelas, selalu diam dan kalem. Tapi bedanya sekarang, yang menurut feeling gue akan berlangsung cukup lama adalah dia tiba-tiba jadi berubah ramah, baik, dan suka ketawa kalau udah sama gue. Kalimat yang lebih tepat adalah dia merasa nyaman untuk bersikap seperti apa adanya dia di depan gue, dan hanya di depan gue, saat bareng gue. Aneh? Iya lah! Tapi gue nikmati aja, dan itu baru gue tau ternyata adalah sesuatu yang akan gue sesali di kemudian hari.
(-_-“)(-_-“)(-_-“)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar