Sabtu, 29 Maret 2014

Teman Makan Cinta (Part5)



05
 





            Pagi ini gue lagi duduk di atas kasur dengan badan harum, rambut rapi dan pakaian licin. Gue udah siap berangkat kuliah. Tinggal tunggu Rama dateng buat jemput gue.
            Tiiinn…Tinn…
            Suara klakson mobil terdengar sampai ke dalam kamar. Rama udah tepat berada di depan pagar kostan. Gue langsung mengambil ransel yang tergantung di samping lemari, dan berbegas keluar untuk menghampirinya. Gue buka pintu kamar, dan hal yang pertama gue lihat di antara dunia ini, di antara indahnya langit biru dan segarnya udara, gue liat Rama, tersenyum manis ke arah gue.
            “Haaallooo…” Gue menyapanya.
            Rama tertawa kecil mendengar sapaan gue yang bernada riang tadi. mungkin dia pikir, gak biasanya ini anak mood-nya baik. Dia langsung, seperti biasa, membukakan pintu mobilnya buat gue. tapi karena yang dia tebak benar, kalau mood gue lagi bagus hari ini, jadi gue langsung dengan anggun, masuk ke dalam mobilnya. Rama duduk di sebelah gue. tapi sebelum dia menyalakan mobilnya, dia sempat melirik ke arah gue, yang masih tersenyum, dengan dahi yang mengkerut.
            “Bahagia banget?” Rama akhirnya bertanya juga.
            “Abis keluar dari rumah sakit, supplai semangat buat hidup jadi makin banyak.”
            “Emang kamu sempet, gak semangat hidup?”
            “Sempet sih… karena temen gue yang tiba-tiba berubah.”
            Rama diem. Gue lagi ngomongin loe, dodol!
            Sampai di kampus, gue dan Rama langsung pergi ke kelas untuk memenuhi tujuan kami, dan semua mahasiswa yang datang ke kampus, untuk ngisi Absen. Tapi tidak termasuk dengan mahasiswa bernama Rama ini, oh! dan satu lagi, Andin. Mereka pasti datang ke kempus dengan rajinnya setiap hari, karena mereka ingin mendapatkan ilmu, nilai bagus pas ulangan, dan untuk di Ijasah… dan masih banyak lagi yang gak gue ngerti.
            Gue kasih tau, yah gimana Rama kalau lagi di dalem kelas, pas lagi ada mata kuliah. Rama itu adalah tipe orang yang sangat pintar memilih Dosen berkualitas. Maksud gue, dia akan belajar dengan rajin, mengerjakan dengan sungguh-sungguh dan memperhatikan dengan saksama kalau Dosen itu punya sifat pengajar yang baik, artinya dia ngajarnya gak asal-asalan. Tapi kalau Dosen tersebut adalah Dosen yang ngajarnya cuma sekedar “Yang penting dia udah ngajar”, Rama lebih memilih tidur selama mata kuliahnya. Itulah mengapa dia lebih senang memilih meja yang berada di barisan belakang daripada di baris depan. Tapi, ini fakta kedua dia. Dia itu adalah tipe orang yang bisa paham dan bisa ngerti walaupun cuma dari membaca buku atau belajar sendiri. Maka dari itu, walaupun di kelas dia kerjaannya tidur mulu, tapi yang bener-bener bikin gue sirik setengah mati sama dia, IP dia setiap semester selalu diatas 3,5 dan gak ada satu pun mata kuliah yang dapat grade ‘C’.
Kalau dalam kasus gue, target yang gue pasang gak terlalu muluk-muluk cuma biar gak ngulang semester pendek aja, alias gak ada mata kuliah yang dapet garde ‘D’. Soalnya, kalau ada matakuliah yang di-her, otomatis gue harus mengeluarkan uang lebih untuk bayar SKS semester pendek. Gue gak mau. Jadi sebisa mungkin, setiap UTS atau UAS, posisi duduk gue harus strategis biar bisa nanya ke Rama kalau ada soal yang gak gue bisa. Biasanya sih hampir semuanya gue nanya ke dia.         
Oh! gue hampir lupa. Satu lagi yang paling penting tentang si Rama kalau lagi di kelas. Dia, kalau lagi serius memperhatikan atau serius ngerjain soal, jangan sekali-kali berani mengajaknya ngobrol. Percuma, gak akan ditanggepin. Temen sekelas gue aja, cewek, kemaren mau minjem pulpen sama si Rama malah di kacangin abis-abisan sampai mulutnya berbusa karena Rama gak nengok-nengok pas dipanggil. Untung ada gue yang sigap ngambil tempat pensil Rama yang tergeletak di atas meja, yang kebetulan deket sama gue. Saat gue ambil tempat pensil kotak, hitamnya, dia masih gak bergeming dan masih terpaku dengan buku di hadapannya. Pas gue buka kotak pensilnya, itu pun dia masih gak bergeming. Akhirnya, gue pikir, mungkin dia lagi serius jadi gak sempet buat ambil pulpen di kotak pensil itu dan memberikan ke cewek yang malang tersebut. Akhirnya gue mencoba untuk memeriksa isi kotak pensil itu kalau-kalau masih ada pulpen yang gak dia pake, yang bisa gue pinjemin ke cewek tadi. Ternyata setelah gue cari-cari, di dalam tempat pensilnya cuma ada SATU pensil, SATU tipe-x, SATU pengapus dan SATU pulpen yang udah pasti lagi dipakenya. Anak orang kayak macam apa yang cuma punya peralatan tulis masing-masing satu kayak gini.
Gue nengok ke cewek tipe-tipe manja itu dan terlihat tampangnya sangat berharap untuk dipinjamkan pulpen oleh Rama, yang gue yakin kalau dia gak bisa dapetinnya, dia akan kecewa seumur hidup. Mungkin dia adalah salah satu dari cewek penggila Rama di kelas ini. Gue lirik pulpen yang lagi di genggam Rama di tangannya, dan –gua cume pengen tau reaksinya, dengan melebihi kecepatan cahaya gue rebut pulpen itu dan langsung gue berikan ke cewek yang sangat mengharapkannya tadi. Dia terlihat bahagia sampai cium-cium itu pulpen segala. Mungkin dia lagi ngebayangin pulpen yang diciuminnya dengan sadis itu sebagai Rama. Gue ketawa sendiri.
            “Loe ngapain sih?”
            Gue langsung menoleh ke Rama. Tawa gue tiba-tiba lenyap.
            Muka Rama merah, terlihat jelas karena kulitnya yang putih. Dahinya mengkerut, giginya bergemeretak, matanya terbuka lebar. Dapat gue simpulkan dari observasi ini kalau Rama benar-benar marah.
            “Tadi… ada yang… minjem…” gue ngomong terbata-bata karena di todong  Revolver (matanya Rama –red) tepat ke kepala gue.
              Rama akhirnya mengambil paksa pulpen 3.000-an gue dan melanjutkan menulis dengan pulpen itu. Gue gemeteran di tempat. Asli! Serem banget seorang Rama yang sedang di ganggu saat belajar. Pelajaran berharga buat gue.
            Oke, itu, kan waktu dulu pas dia ‘masih’ jadi temen gue. Gue, dengan niat gila gue ini, ingin melakukan Observasi ulang apakah Rama akan bereaksi sama pada rangsangan serupa yang akan gue teliti ini. Kebetulan saat ini Rama, di sebelah gue, sedang serius mengerjakan soal yang ada di pantulan proyektor yang sedang menyorot ke tengah dinding kelas polos yang berwarna putih itu. Dosennya juga lagi pergi hentah kemana. Oke! Lingkungan sudah mendukung. Sekarang kita tinggal tentukan Varian Y, atau faktor luar yang akan digunakan dalam percobaan gue ini. Cewek bertipe manja, gue butuh cewek itu sekarang. Gue celingak-celinguk ke depan, samping  dan belakang. Ternyata cewek bertipe manja yang gue cari telah ditemukan, duduk tepat di belakang Rama. Dan bagusnya, cewek ini adalah cewek yang sama dengan cewek yang waktu itu minta dipinjemin pulpennya Rama ke gue. Perfect!
            Gue berbisik ke cewek itu, tanpa diketahui Rama “Mau pulpen Rama lagi gak?”     Dia mengangguk dengan antusias. Sekarang tinggal melakukan penelitian. Pertama, gue panggil lembut namanya.
            “Rama…?”
            Dia gak merespon.
            “Rama…?” gue kencangkan suara gue.
            Rama masih diem.
            Gue langsung rebut pulpen yang ada di tangannya itu. Rama bergeming. Dia menoleh ke arah gue, darah gue mengalir cepat, jantung gue berdetak kencang, senyum licik muncul di wajah gue.
            “Jangan main-main, kerjain soalnya.” Rama ngomong sangat lembut ke gue. Dia kembali mengambil pulpennya dari tangan gue. Tanpa gue tahan pulpen itu bergerak perlahan dari cengkraman gue. Rama kembali dengan buku di depannya.
            Gue bengong. Cewek tadi juga bengong. Gue dan dia saling bertatap-tatap. Kesimpulan yang bisa gue ambil dari penelitian ini adalah, Rama benar-benar udah nganggep gue sebagai seorang ‘cewek’ bukan temen yang bisa di-songong-songongin lagi.
            Gak asik! Rama Gila! Kenapa dia jadi kayak gini, sih? Kalau gini mendingan gue minta putus aja sama dia.
(-_-“)(-_-“)(-_-“)

            “Andin… dia itu udah berubah banget. Udah kayak ulat yang berubah jadi kupu-kupu. Manis, baik, sopan, dan itu bikin gue selalu canggung, jantung gue berdetak lebih cepat, dan bahkan gak berani buat sekedar mandang dia kalau lagi ngomong. Gue takut kena liver, Andin.” Gue langsung mengeluarkan unek-unek gue pas kita lagi di kantin sebelum mata kuliah berikutnya di mulai. Rama? gak tau, deh kemana. Yang jelas gue langsung kabur setelah keluar kelas.
            “Hahaha… udah hampir sebulan kalian jadian, kamu masih belum sadar juga?” Andin malah ketawa.
            Gue mengkerutkan dahi.
            “Kayaknya kamu harus dipisahin sejauh mungkin sama Rama, baru kamu ngerti.”
            Baru gue ngerti? Yang Andin omongin aja gue gak ngerti sama sekali. Ini anak bahasanya terlalu tinggi mungkin, sampai-sampai gue sama sekali gak ngerti maksud yang lagi dia omongin. Atau jangan-jangan akhir-akhir ini gue makin bego gara-gara kebanyakan nonton film depan leptop? Tidaaakkk….!
(-_-“)(-_-“)(-_-“)

            Akhirnya perkuliahan hari ini selesai. Rama disebelah gue lagi membereskan peralatan tulis dan buku-bukunya. Gue, sambil mengamati tiap anak keluar dari ruang kelas besar, yang bisa menampung 50 mahasiswa sekaligus, nungguin dia selesai memasukan semua barang-barangnya.
            “Langsung pulang?” Rama nanya.
            “Iya…”
            “Main yuk!”
            Gue berfikir sejenak. “Yuk! Kemana?”
            “Mall aja.”
            Bahaya! Gawat! Dangerous! Ini anak gak boleh sama sekali dekat-dekat sama bangunan besar yang berisi banyak barang-barang yang di jual-jualin itu. Dia, kalau udah ke Mall, udah kayak cewek yang beringas liat barang diskonan. Tapi bedanya, Rama beringasnya kalau liat kemeja keren, jaket casual atau jam tangan blink-blink. Gue sih gak masalah kalau dia belanja semua barang-barang itu, toh itu pake duitnya sendiri. Tapi yang bikin gue males kalau udah ke Mall sama dia adalah saat dia lagi milih-milih baju, misalnya, dia liat gaun merah gemerlap, cantik dan anggun, bergelantung tak bermilik di depan matanya, dia langsung nyuruh gue buat nyobain. Nyobain gaun yang bahkan gue sendiri gak ngerti gimana cara makenya! Kalau gue gak mau, dia akan komentarin cara berpakaian gue yang kayak Gembel. Yap! Dengan tanpa dosa dan ragu-ragu, dia langsung ngatain cara berpakaian gue kayak gembel. Padahal gue cuma pake celana jeans lusuh, kaos polos sama kemeja kotak-kotak yang sengaja tak dikancing. Gaya-gaya anak kuliahan jaman sekarang, kayak gini dibilang gembel! Loe gak tau gembel yang sebenarnya Rama!
            Betapa keras dan ngototnya gue protes ke Rama, tapi akhirnya kita di sini juga. Di dalem Mall. Rama lagi sibuk milih-milih kemeja. Gue, dengan segala kesabaran yang gue punya, lebih memilih untuk nungguin dia di luar. Biar dia gak bisa nyuruh gue pake gaun, lagi kalau dia nemu gaun bagus nan cantik.
Sambil ketawa-ketawa sendiri baca novel yang ada di tangan gue, gue nungguin dia di kursi panjang empuk yang ada di toko baju tersebut. Tak lama gue melihat Rama sudah mulai membayar beberapa kemeja putih, yang diberikannya ke kasir. Tapi yang membuat gue janggal adalah dia ternyata gak sendirian. Ada cewek super manis, tinggi bak foto model, berambut panjang, hitam, lebat, berbibir merah, mata lentik, senyum manis yang berdiri tepat di sampingnya. Gue bisa menyimpulkan senyumnya manis karena itu udah keliatan walaupun dia lagi gak senyum. Karena, gak senyum aja udah manis, apalagi senyum!
Mereka terlihat tampak asyik bercakap-cakap sambil si mbak kasir menghitung baju-baju mereka. Mata gue juga semakin menyipit melihat tumpukan baju yang sedang dihitung terdapat beberapa lembar kemeja cewek yang gue simpulkan milik cewek cantik tadi. Kalau gue gak salah inget, gue adalah ceweknya Rama. Dengan Rama yang terlihat akrab dengan cewek lain –dalam kasus ini lebih cantik dari gue– apakah itu tidak dikategorikan dengan yang namanya ‘selingkuh’?
            Gue masih pura-pura membaca saat Rama datang menghampiri gue bersama cewek cantik itu.
            “Cha, kenalin, ini Rachel.”
            Cewek yang kalau diliat dari dekat, ternyata sepuluh kali lebih cantik dan lebih bersinar itu mengulurkan tangannya sambil tersenyum pada gue. Tuh, kan bener, senyumnya manis banget….
            “Rachel…”
            Gue langsung, tanpa membuatnya menunggu, meraih tangannya yang sudah terbuka tepat di depan muka gue, “Ocha…”
            “Dia anaknya temen bokap.” Kata Rama lagi.
            “Oh…” gue ber-oh.
            “Ocha… temen kamu itu yah? Yang mungil dan polos?” cewek bernama Rachel itu sok tau.

            Gue langsung menoleh ke arah Rama. Kecil dan polos? Kalau kecil, sih itu emang bener, tapi kalau polos…
            Oke! Akan gue klarifikasi tentang ‘polos’ itu. Banyak yang bilang kalau gue ini polos karena gue adalah tipe orang yang selalu bicara apa adanya. Apa yang ada di otak gue, selalu langsung bisa gue keluarkan. Mau itu menyakitkan atau menyebalkan. Tapi lebih dari itu, dan lebih dari yang orang lain tau, di balik kepolosan gue itu tersimpan Ocha yang licik, kejam dan haus darah. Hahahahaha….
            “Iya, dia temen gue.” Jawab Rama.
            Kalau gak salah dengar, Rama sedang memperkenalkan gue sebagai ‘temannya’ bukan ‘ceweknya’ apa ini yang termasuk dengan “Kekasih yang tak dianggap” atau ini bisa dimasukan ke kategori “Gue cewek bego”. Jelasnya gue udah bisa ngambil kesimpulan, walaupun hanya satu pihak, pihak gue, berdasarkan pernyataannya yang mengatakan bahwa gue adalah “temennya”, dengan ini gue nyatakan bahwa gue telah resmi putus dari Rama.
            Masih di Mall yang sama, Rachel megajak Rama dan gue buat nemenin dia makan malem. Rama langsung meng-iya-kan tanpa menanyakan dulu pendapat gue. Tapi gue, sih gak keberatan. Apalagi kalau tau bakal dibawa ke tempat makan yang kayaknya mahal banget gini, yang bahkan baru gue tau kalau restoran kayak gini ternyata ada di Mall tersebut. Tempat yang lebih pantas digunakan sebagai tempat buat nembak gebetan ini tepatnya ada di lantai paling atas. Di pojok posisinya. Mungkin karena pemandangan yang disuguhkan oleh restoran ini sangat indah dan menawan. Jika kita beruntung mendapat meja kosong di dekat jendela, maka hiruk-pikuk kota bandung dan lalu-lintasnya terlihat jelas di bawah sana. Gemerlap lampu-lampu jalan seperti hiasan neon yang bertebaran terlihat dari lantai 5 bangunan Mall ini.
Kesan pertama yang gue dapet saat melewati pintunya adalah: Makanan di sini mahal, tidak sebanding dengan porsinya yang kecil. Lalu, restoran ini adalah restoran khusus untuk anak-anak orang kaya Bandung menghabiskan waktu bersama pacarnya. Ada tempat khusus buat yang mau candlelight dinner.
Rachel, karena sadar gue juga ada, akhirnya memilih tempat dengan kursi soffa empuk dan meja besar untuk 3 orang.
            Di restoran ini, Rama dan Rachel mulai berbincang dengan akrabnya. Mereka mulai membicarakan tentang masa-masa lalu mereka saat, tentu aja, sebelum kenal gue. merutut hasil ‘nguping’ gue mengenai pembicaraan mereka, Rama dan Rachel ini adalah teman dari kecil. Kedua orang tua mereka sangat akrab karena mereka pernah menjalankan bisnis bersama. Tiap minggu mereka saling berkunjung satu sama lain. Tapi semenjak orang tua Rachel dipindah tugaskan ke Amerika, Rama udah gak pernah berhubungan lagi dengannya. Ini adalah pertama kalinya mereka bertemu setelah hampir 12 tahun berpisah.
            Selesai mengadakan reuni dadakan ini, akhirnya kami bertiga pun memutuskan untuk pulang.
            “Mmm… Cha, kamu pulang sendiri yah, aku mau anterin Rachel pulang, sambil mau ketemu sama orang tuanya.” Kata Rama saat baru keluar dari lift.
            Gue hanya bisa meng-iya-kan. Kesel…? Ngak… cuma sedikit kecewa. Tapi gak masalah buat gue, mereka temen lama yang udah lama juga gak ketemu. Apa salahnya membiarkan mereka dulu. Mungkin Rachel juga ingin banyak ngobrol dengan Rama, tapi gak bisa karena ada gue. Yap! Gue masih bisa memaklumi.
(-_-“)(-_-“)(-_-“)

            Aaarrrgg… gue lagi stress. Sekarang jam dinding kecil yang menggantung di dinding kamar gue sudah menunjukan pukul 01.00. Jam satu malem dan gue masih berkutat dengan program yang errornya masih ngejejer kayak kasus korupsi yang gak selesai-selesai. Perumpamaan gue gak nyambung? bodo ah! Yang jelas ini program udah gue utak-atik, masih aja gak bisa jalan-jalan. Gue udah mebelaklakan kedua mata, berusaha sedetail mungkin mencari kemungkinan kesalahan pengetikan coding yang gue lakukan sampai ke titik koma, tapi tetep aja masih gak bisa gue pecahkan.
Padahal program ini nantinya akan gue gunakan untuk presentasi mata kuliah yang pantinya paling gak penting sedunia, apalagi kalau bukan C++. Kalau programnya udah gak jalan, apa yang harus gue jelasin di depan kelas nanti. Masa gue harus bilang…
            “Program ini adalah program yang bisa membuat anda pusing. Error yang terdapat dalam program ini lebih banyak jika anda meng-input data yang tidak sesuai dengan tipe datanya.”
            Yang gak ngerti pemograman gak usah pusing-pusing baca penjelasan gue ini. Kalian hanya perlu fokus pada jurusan kalian saja. Jangan pedulikan gue!
            Setelah pasrah, akhirnya gue dengan segala keberatan hati, mau gak mau harus nanya sama si Rama. Orang, yang kalau dimintai tolong buat ngajarin gue, pasti akan lebih banyak ngomelnya daripada ngajarinnya. Dengan berat hati! Demi masa depan gue!
            Tuuttt…tuuttt…
            Gue menghubungi nomor Rama. Telepon pertama gak diangkat. Mungkin dia udah tidur. Tapi karena gue orangnya iseng, jadi akan gue ganggu tidurnya sampai dia angkat telepon gue.
            Tuuttt…tuuttt…
            Gue hubungi dia lagi. Lama gue menunggu dan akhirnya telepon gue dialihkan ke kotak suara. Ini anak tidurnya nyenyak banget. Gue memutuskan untuk mencoba ketiga kalinya. Yang ini, nada panggilnya baru berbunyi sebentar tiba-tiba suara Rama akhirnya menjawab dari seberang sana.
            “Apa Cha?” Katanya dengan suara serak. Dia ternyata benar lagi tidur.
            “Ngak. Cuma kangen aja.” Gue, merasa udah menang menjahili dia, akhirnya malah jadi makin nafsu buat nambah isengin dia.
            Tapi anehnya gak ada respon dari Rama.
            “Rama? Ma? Loe masih hidup, kan? Halo?” gue mengecek layah HP gue. panggilan masih tersambung padanya.
            “Kamu marah sama aku?” Tanya Rama.
            “Hah? Ngak! Kenapa?” gue gak ngerti.
            “Rachel itu cuma temen aku… iya maaf kalau udah nyuruh kamu pulang sendiri, harusnya emang aku nganterin kamu pulang dulu.”
            “Lah! Kok jadi ngomongin Rachel?”
            “Maaf, ya, sayang…”
            Sayang? Sayang…? Merinding gue denger kata lembut itu keluar dari mulut dia. Sakit jiwa ini anak!
            “Kita, kan cuma temen. Jangan panggil gue sayang!” Gue memperjelas status kita. Kitakan udah putus dari semenjak di Mall tadi. (Yang sepihak itu.)
            “Kamu jangan tidur dulu! Aku kesana sekarang.”
            Gue kaget. Ngapain? Gila! Ini anak ngapain ke sini malem-malem. Dia kira gue marah sama dia… gue cuma mau nanya tugas C++ aja….
            “Rama, Rama, bentar. Gue sebenarnya cuma mau nanya tugas aja. Loe gak usah ke sini. Oke?”
            “Oh… tugas yang mana? C++?”
            “Iyalah. Yang mana lagi.”
            Akhirnya hampir setengah jam lebih gue bertelepon-teleponan dengan Rama cuma buat menyelesaikan program gue yang error itu. Dari situ gue dapet pelajaran lain tentang Rama, jangan sembarangan ngomong sama dia, bisa-bisa itu anak nekad kayak tadi. Bahaya… bahaya.
            Jam dua malem, akhirnya gue baru bisa membaringkan tubuh gue ini. Bantal nyaman udah di bawah kepala, lampu sudah di matikan, baca do’a selesai, tinggal memejamkan mata. Dan malam ini untuk yang kesekian kalinya gue membayangkan wajah Rama dan segala sikapnya kepada gue sepanjang hari ini. Gue tersenyum sendiri karena kegilaannya.
(-_-“)(-_-“)(-_-“)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar