Sabtu, 29 Maret 2014

Teman Makan Cinta (Part6)



06
 





            Hampir satu bulan gue jadian sama Rama. Yah… sebelum gue putusin dia sepihak pas di Mall itu. Tapi, setelah diinget-inget menurut gue gak ada momen-momen special yang tercipta di antara kita berdua.
Suatu hari gue mulai merasa aneh dengan bagaimana proses jadian kita dulu, yang di mana Rama minta gue buat jadi pacarnya biar dia gak di terror lagi sama cewek aneh yang suka neleponin dia tiap malem. Rama gak pernah cerita sama sekali tentang masalah itu ke gue, bagaimana kelanjutannya. Lebih tepatnya udah lama gak cerita tentang dirinya ke gue. Rama yang biasa gila-gilaan sama gue, yang terbuka sampai gue tau dari yang bagus sampai aibnya dia, sekarang malah seakan gue gak tau apa-apa  tentang dia. Gue gak tau apa yang lagi dia rasain, gue gak tau dia lagi punya masalah apa, gue juga bahkan gak tau siapa dia sekarang.
            Gue, dengan segala ke tidak pedulian gue cuma bisa menghindar dari Rama kalau gilanya udah kambuh. Kayak tiba-tiba dia nelepon gue di tengah malem bilang kangen, atau saat gue lagi asyik-asyik makan dia ngeliatin gue sambil senyum-senyum sendiri. Kalau dia udah kayak gitu, gue bisa menghilang dengan seketika untuk menjernihkan pikiran gue, lebih tepatnya me-reset ulang tentang kemungkinan yang terjadi pada sikap Rama tersebut. Bisa dikategorikan gila, atau hanya sekedar Psikopat. Biasanya, sih lama-lama, dia normal lagi… jadi Rama yang cuek yang gak peduli dengan apa-apa yang gue lakukan. Tapi Rama yang ini cuma lebih pendiem aja dari Rama yang dulu gue kenal.
(-_-“)(-_-“)(-_-“)

            Suatu hari gue lagi suntuk dan gak tahan dengan sikapnya dia, akhirnya malem-malem gue gedor-gedor pintu rumahnya yang gede bak rentenir yang mau nagih pembayaran kartu kredit.
            “Assalamu’alaikum… Assalamu’alaikum…” Gue teriak-teriak di depan rumahnya.
            Pembantunya yang bukain pintu. Gue langsung nanya di mana gerangan Rama berada. Pembantunya yang emang udah hapal banget sama gue, langsung memberitaukan bahwa sang anak majikan sedang berada di dalam kamarnya. Gue perintahkan si Pembantu untuk meminta Rama keluar dan menemui gue yang nunggu di kursi depan rumah.
            Tak lama Rama datang. Dia heran liat gue malem-malem ke rumahnya.
            “Kak Ocha…” Rima yang ternyata ngebuntutin Rama dari dalem, nongol dari belakang Rama.
            “Kamu masuk sana… Kak Ocha mau ketemu Kakak…” Perintah Rama.
            Rima masuk dengan wajah cemberut. Rama duduk di kursi kosong deket gue.
            “Gue sebel sama temen gue.” Gue memulai.
            “Temen?”
            “Iya! Dia sebenarnya sih cowok gue, tapi gue udah putusin dia gitu… abisnya dia ngaku ke temen lamanya kalau gue itu ‘temen’ bukan pacarnya.”
            Rama diem.
            “Tapi bukan itu yang bikin gue kesel… dia sekarang udah berubah. Gue mau mutusin dia tepat di depan mukanya. Menurut loe gimana?”
            Rama masih diem. Dia ngerti yang lagi gue omongin tidak lain tidak bukan adalah dirinya sendiri.
            “Ocha…” Rama merubah posisi duduknya sehingga tepat menghadap ke gue. “Kalau kamu putus sama dia, kamu gak akan bisa nyontek mata kuliah C++ lagi ke dia, gak ada yang traktir kamu makan lagi, gak ada yang nganter-jemput kamu lagi, gak ada tempat buat kamu pinjem duit, gak ada yang…”
            Gue panik. Ternyata resikonya terlalu besar untuk kelangsungan hidup gue. “Oke…oke, gue gak akan mutusin dia. Oke. Udah gue mau balik. Udah malem, Bye… bilang ke pembantu loe minumnya enak.”
            Gue kabur, minggat, menjauh sejauh-jauhnya dari Rama yang udah kelewat gila itu. Bahaya! Kalau gini caranya gue bisa terperangkap seumur hidup dalam belenggu kegilaan Rama.
(-_-“)(-_-“)(-_-“)

            Sekarang gue dan Rama lagi ada di dalem mobil. Biasa, mau balik dari kampus. Gue cuma lagi mood aja buat isengin dia, itung-itung melampiaskan rasa kesel gue aja selama ini ke dia.
            “Rama, Rachel cantik yah? Kayak cewek-cewek high class gitu. Karena dia kuliahnya di Amrik yah…” gue memulai.
            “Iya,”
            “Menurut loe Rachel gimana setelah 12 tahun gak ketemu?”
            “Dia makin dewasa. Asik kalau ngomong sama dia.”
            “Seru?”
            “Iya, seru.”
            “Gak ngebosenin yah?”
            “Iya, gak ngebosenin.”
            Rama menjawab semua pertanyaan yang keluar dari mulut gue tanpa sedikit pun melihat ke arah gue.
Jadi ceritanya, reuni dadakan waktu kita ke Mall dan Rama ketemu sama Rachel, temen kecilnya itu, mereka berdua ngobrolnya asyik banget, bahkan sampai gak ada satu pun yang ajak gue buat ikutan nimbrung. Rama, saat ngobrol sama Rachel, gak pernah sekali pun memalingkan pandangannya ke tempat lain. Dia menatap Rachel dengan penuh antusias. Masalahnya, itu bikin gue kesel, karena Rama, kalau ngobrol sama gue malah lebih sering keliatan ngobrol sama apa yang ada di bawahnya, atau apa yang ada di depannya daripada sama gue. Begitu gak penting kah gue?
            “Rama, suka sama Rachel yah?”
            Rama terkejut. Dari sekian banyak pertanyaan gue tadi, baru kali ini Rama terkejut dan memandang lawan bicaranya.
            “Hahaha… udah gak usah malu. Gue yang cewek aja pengen jadi pacarnya, apalagi loe yang cowok. Tenang-tenang, ntar gue bantuin.”
            Kali ini reaksi Rama sedikit berlebihan. Dia langsung membawa mobilnya ke pinggir jalan lalu memberhentikannya di sana. Dia merubah posisi duduknya agar bisa menatap gue. Kayaknya ini pembahasan serius.
            “Jadi kamu mikir gitu?”
            “Iya. Keliatan kali… gue udah kenal loe lama, gue tau lah gimana perasaan loe.”
            Rama, yang gue gak ngerti dia lagi malu karena ketauan naksir cewek, atau emang beneran marah, matanya melotot tajam ke muka gue. Wajahnya merah dengan mata tajamnya yang setia mengukuti kemana pun wajah gue berpaling.
            “Jadi itu mau kamu? Aku jadian sama Rachel?” suara Rama bergetar hebat.
            “Ya, bagus dong kalau kalian benaran bisa jadian?” gue jawab dengan nada sesantai mungkin.
            Rama tidak menjawab. Dia kembali pada posisi duduknya semula, menghadap ke setir mobil. Pembicaraan kita selesai.
Rama kembali menancapkan gasnya dan sedikitpun tidak menoleh lagi ke arah gue. Sampai di kostan, gak biasanya dia gak bukain pintu mobilnya buat gue. Dia hanya membeku di belakang setir tanpa sedikit pun menoleh kea rah gue.  Akhirnya gue turun sendiri, dan pas gue turun, dia lansung tancap gas begitu aja. Segitu malunya yah ketahuan naksir cewek sama gue?
(-_-“)(-_-“)(-_-“)

            Hari ini tumben-tumbenan gue bangun jam 3. Setelah selesai melaksanakan shalat malam, gak tau setan mana yang membisikan gue, tumben-tumbennya pula gue mau buka twitter. Dan tau apa yang gue temukan di jejaring sosial tersebut? Rama, man… Ramadhan Idwarsyar in relationship with Rachel Ditonegoro! Waah… ini anak akhirnya jadian juga sama cewek yang ‘benaran’ dia suka. Itu tandanya sekarang gue udah resmi ‘Cuma’ jadi temennya doang.
Rachel, gue prihatin sama dia yang ditaksir Rama. Mungkin dia belum tau kegilaan Rama yang sebenarnya. Gue turut berduka dengan jadian mereka ini. Sabar Rachel, loe harus banyak-banyak istigfar mulai saat ini.
            Pagi ini setelah asyik membalas mention-mention dari temen-temen lama gue pas jaman SMA sama SMP akhirnya gue baru inget kalau sebenarnya gue adalah seorang mahasiswi yang pada hari ini harus dateng ke kampus untuk menjalankan rutinitas sebagai mahasiswi yang baik dan bertanggung jawab.
Karena jam sudah menunjukan pukul 07.00 dan perkuliahan akan dimulai sekitar satu jam lagi, maka waktu yang diperlukan untuk mandi, pake baju dan menyiapkan buku adalah sekitar setengah jam. Setelah itu gue akan jalan sampai depan gang sekitar 10 menit. Sisa 20 menit lagi akan gue pergunakan untuk naik kendaraan umum ke kampus.
Perencanaan yang sangat matang.
Mampus! Gue lupa kalau mau ke kampus harus berangkat sekitar 45 menit lebih awal dari rumah. Ahhh…! Gue udah lama gak naik kendaraan umum. Gue udah terbiasa dianter-jemput sama Rama, jadi gue udah terbiasa santai. Kalau naik mobil Rama sekitar 20 menit perjalanan sampai ke kampus, naik angkutan umum bisa dua kali lipat lebih lama, apalagi kalau macet. Mampus! Waktunya gak cukup. Gue pasti telat. Gue pasti telat.
Gue cuma bisa mundar-mandir di dalem kamar sempit gue ini.
Mampus! Sekarang mata kuliah C++. Kalau gue sampai telat satu menit, selama 3 SKS mata kuliah ini, gue gak akan bisa nangkep maksud dari pembahasan hari itu. Yup! Pemograman is like this, bro… kalau sedikit aja loe ketinggalan pelajarannya, selanjutnya loe gak akan ngerti lagi. Lebih parah dari FISIKA dan KIMIA pas jaman SMA, gak , sih?
            Aduh… gimana? Gue harus gimana? gimana?
            APA? Telepon Rama suruh minta jemput? Gak! Gue gak mau! Harga diri, bro.. gue pernah melakukan hal yang sama waktu dulu. Jadi ceritanya gue kesiangan bangun dan minta tolong ke dia buat berenti dulu di depan gang kostan gue sebelum berangkat ke kampus. Kebetulan arah rumah dia sama gang kostan gue searah. Tapi yang terjadi adalah gue dimaki-maki di telepon karena, katanya, gue gak menghargai waktu dan segala macem lah. Akhirnya bukannya dia nungguin gue di depan gang, yang ada dia duluan ke kampus dan gak memperdulikan nasib sahabatnya yang kebingungan ngerjain program karena telat setengah jam. Kebetulan waktu itu gue sarapan dulu di kantin. Laper mbak. Menurut teori kebutuh Maslow, kebutuhan Fisiologi seperti pangan itu adalah yang harus diutamankan sebelum kebutuhan-kebutuhan lainnya.
            Sekarang gue harus mengambil keputusan cepat. Gue, yang belum sarapan ini, otomatis harus mampir ke kantin dulu untuk mengisi perut sebelum berlenggok ke dalam kelas, dengan resiko sampai SKS ini selesai dan sisa SKS yang akan datang gue cuma bisa bengong karena gak ngerti. Atau kalau gue minta Rama jemput, gue akan dimaki-maki dulu di telepon dan setelah itu… tetep aja gue harus telat karena dia gak mau jemput gue. Oke! Kedua pilihan tersebut ujung-ujungnya adalah gue harus cengok di sisa SKS C++ ini. Baiklah, mungkin ini udah nasib gue sebagai mahasiswi yang terdampar karena keputusan labil yang diambil ngedadak pas lulus SMA dulu. Gue harus nanggung konsekuensi dari apa yang udah gue putuskan. Gue harus bertanggung jawab dengan apa yang udah gue ambil. Tuntaskan! Berjuang! Semangat!
            Gue didalam kamar, berdiri dengan gagah, meninju langit dengan kepalan tangan kanan gue. Backsoud Mr.simple-nya super junior melantun seakan memberikan gue dukungan agar tidak lagi berputus asa. Lagu pop-dance itu melantun sangat keras, begitu nyata, seakan lagu itu sedang melantun di dekat gue dengan ke 10 personil keren-kerennya bernyanyi di dalam kamar sambil nge-dance ala aserehe. Tapi yang ini di atas dada dengan satu tangan sambil badan jondong ke samping, bukan di bawah perut. Pas gue sadar, ternyata HP gue yang berbunyi. Pantes suaranya terdengar begitu nyata.
            “Halo?” Gue tadi langsung angkat aja, jadi gak sempet liat siapa yang nelepon.
            “Udah di depan.” Suara Rama menyahut dari seberang.
            Gue girang luar biasa. Gue pikir karena dia jadian sama Rachel, dia gak akan mau jemput gue lagi. Allah ternyata tidak akan membiarkan hambanya yang rajin shalat, bersedekah, dan senang membantu orang ini, telat mata kuliah yang sama untuk kedua kalinya. Alhamdulillah… gue selamat.
            “Oke Rama, tunggu sebentar.” Gue balas dengan nada girang.
            Gue mandi dengan gaya sebelas jari, langsung cepat-cepat ganti baju, pake deodorant tebel, parfum seliter dan guling-guling di tanaman kambojanya ibu kost, akhirnya keluar dari dalem kamar, menyambut sahabat tercinta gue ini dengan gembira.
Rama tampaknya menyadari kebahagiaan yang janggal dari diri gue yang terasa sesaat telah gue keluar kamar. Tapi dia gak mau capek-capek nanya, “Ada apa?” dan langsung aja masuk kedalam mobilnya, yang kali ini tanpa membukakan pintu mobilnya untuk gue lagi. Gue masuk sendiri ke dalam mobil dan duduk dengan manis di sebelahnya.
            Rama mulai menyetir. Gue teringat dengan yang tadi pagi gue temukan di twitter. Akhirnya gue bertanya sama anaknya langsung.
            “Loe udah jadian sama Rachel?”
            “Iya.” Rama menjawab, yang seperti biasa, tanpa menoleh ke arah gue.
            “Selamat yah… loe jangan aneh-aneh sama Rachel… dia keliatannya anak baik.” Gue sok tau.
            “Gue akan jaga dia baik-baik. Loe tenang aja.” Kali ini Rama menoleh untuk melihat respon yang gue berikan.
            “Bagus! Udah saatnya loe dewasa. Jagain dia, jangan sampai bikin dia nangis.” Gue nepuk-nepuk pundaknya.
            “Iya. Gue akan jagain dia dan bikin dia seneng terus.” Rama masih menatap gue saat mengatakan itu.
            Gue yang mulai risih akhirnya bilang, “Yaudah, nyetir lagi sana!”
            Rama akhirnya berpaling. Bukan apa-apa, bro… kalau dia keasikan melototin gue, bisa-bisa nabrak nanti kita. Gue, kan belum memenuhi target hidup terbesar gue, yaitu membahagiakan kedua orang tua gue.
(-_-“)(-_-“)(-_-“)

            Minggu pagi, gue terbangun oleh suara HP yang berdering kencang. Padahal gue gak setel alaram di hari minggu. Biasanya, selesai shalat shubuh, gue tidur lagi dengan jangka waktu yang tak bisa ditentukan. Tapi kali ini HP gue berbunyi karena Rama nelepon. Gue lirik jam ternyata baru jam 7. Dua jam lebih cepat dari waktu gue biasa bangun. Dengan sebelah mata yang dipaksakan terbuka, gue dengan malas mengangkat panggilan Rama.
            “Halo?”          
            “Cha, tadi malem gue malem mingguan sama Rachel.”
            “Oh… bagus dong.”
            “Gue ajak dia ke Mall, ke toko yang kita ketemu kemaren. Gue beliin dia gaun. Menurut loe gimana?”
            “Bagus.”
            “Gue juga ajak dia makan di restoran kemaren, berdua.”
            “Seru-seru.”
            “Dia kayaknya seneng banget sama gue.”
            “Pertahankan!”
            Rama diem. Gue juga gak niat ngomong.
            “Yaudah.” Kata Rama.
            “Yaudah.” Jawab gue. Gue tutup teleponnya dan kembali tidur.
            Itu baru awal. Yang gue baru sadari ternyata akan berlanjut di minggu-minggu pagi berikutnya. Gue menjadi tempat ‘pembuangan sampah’ Rama, yang selalu cerita ke gue tentang bagaimana dia menghabiskan waktu bersama cewek barunya, Rachel. Gue udah berasa emak-emak yang punya anak kecil hiperaktif yang apa aja dia lakukan pasti diceritain.
            Rama dan Rachel selalu ketemu tiap malem minggu. Gue tau karena minggu paginya Rama langsung ceritain semuanya ke gue, yang lagi-lagi mengganggu komposisi tidur akhir pekan gue yang begitu berharga. Kalau Rama bukan temen yang udah gue kenal lama, dan kalau bukan orang yang suka bayarin gue makan, udah gue cuekin teleponnya.
            Malam minggu kemaren, oh! sabtu pagi maskud gue, Rama cerita kalau dia sama Rachel pergi berdua ke puncak, Bogor naik mobilnya. Katanya, sih Rachel pengen banget liat pemandangan alam di Indonesia karena dia belum pernah sedikit pun jalan-jalan kalau lagi di sini.
Rama ngajak Rachel makan jagung bakar sambil melihat pemandangan kebun teh yang terhampar luas pada kaki gunung nan tinggi. Mereka bahkan datang ke tempat pembuatan teh setempat dan Rama ngasih oleh-oleh teh hijau buat gue, yang katanya langsung dipetik dari pohonnya.
Gue masih bisa antusias mendengar cerita mereka.
            Malam minggu berikutnya mereka pergi ke pangandaran, panas-pasanan di pantai dan malemnya liat matahari terbenam berdua. Kali ini gue masih bisa berusaha, lagi, untuk antusias. Tapi dari semua cerita yang gue dengar dari Rama, mereka kayaknya cuma sekedar jalan-jalan aja, sama kayak jalan-jalannya sebuah keluarga atau jalan-jalan antara teman-teman. Udah! Gak ada momen-momen spesial di antara mereka yang terjadi di tempat-tempat indah yang udah didatangin. Gue mulai merasa aneh sama kisah percintaan antara dua sejoli yang sama-sama kaya-raya ini.            
            Setelah gue inget-inget, ternyata malam minggu gue pun gak jarang di habiskan bareng Rama, berdua. Tapi malam minggu gue sama Rama gak pernah sampai ke puncak atau pangandaran, gak sampai keluar kota gitu. Kita menghabiskan weekend ini dengan cuma sekedar nongkrong di alun-alun sambil makan nasi goreng, liat konser di balai kota, atau jalan-jalan ke pasar malam. Murah tapi asyik. Dan yang gue kenang di sana adalah momen kebersamaan gue dengan Rama, bukan tempat dimana kami menghabiskan momen itu. Sehingga saat suatu hari gue berada di suasana yang sama, misal saat di pasar malem, gue akan langsung teringat kenangan Rama yang teriak-teriak dari atas komedi putar karena dia ternyata takut ketinggian. Gue akan langsung inget momen-momen itu bahkan saat gue sedang berada di pasar minggu yang lain, bukan yang dulu gue datengin bareng dia.
Bukannya membuat kenangan seperti itu akan lebih indah dan berkesan daripada pergi ke tempat jauh yang indah tapi tidak ada kenangan di antara mereka berdua….
            Gue harus kasih tau Rama tentang hal ini. Sebagai sahabat yang baik, gue akan jadi pendukung dalam hal percintaannya. Kasian, kan Rachel yang mungkin pengen merasakan indahnya cinta, bukan cuma jalan-jalan doang.
(-_-“)(-_-“)(-_-“)

            Akhirnya gue ada di sini, duduk di depan Rama di meja kantin deket pintu masuk. Tempat yang biasa kita gunakan saat akan makan siang atau sarapan.
            “Rachel gak suka gue akrab sama loe.”
            Gue yang niatnya mau ngasih saran biar pacaran mereka gak boring malah di kagetkan dengan pernyataan Rama barusan.
            “Maksud loe?”
            “Kayaknya kita gak bisa temenan lagi Cha, Sorry.” Rama mengatakannya dengan nada sedih, atau lebih tepatnya gak enak sama gue.
            Gue belum bisa memberi respon apapun. Masalahnya gue juga bingung kenapa malah jadi begini. Gue mulai membayangkan Rachel yang cemburu dengan marah-marah ngomong gak terima kalau cowoknya bercengkrama akrab dengan cewek lain. Tapi gak bisa gitu dong… bukannya gue yang kenal duluan sama Rama. Oh! gue lupa mereka temen dari kecil. Akhirnya gue gak bisa apa-apa.
            Setelah beberapa detik gue terdiam dan berfikir, akhirnya gue cuma bisa menghela nafas panjang dan mengangguk pelan.
            “Oke!” Kata gue.
            Rama menatap gue.
            “Mulai sekarang kita bukan temen lagi!”
            Setelah mengatakan itu, seper sekian detik kemudian mata gue terasa panas, dada gue seperti sesak tak tertahankan. Hati gue sakit, liver gue kambuh. Sebelum semuanya membanjir, gue harus menghilang dari pandangan Rama.
Rama sepertinnya melihat perubahan wajah gue yang memerah, tapi karena tiba-tiba gue bangkit dan berlari menjauh darinya, dia gak bisa berbuat apa-apa. Seperti itulah akhirnya pertemanan gue dengan Rama yang udah berjalan hampir 4 tahun. Semuanya selesai cuma hanya dari sebuah permintaan egois teman kecilnya.
(-_-“)(-_-“)(-_-“)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar